Shaut Al-'Arabiyah
Vol 7 No 2 (2019): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH (IN PRESS)

Metode Qirā’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah

Hidayatul Khoiriyah (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qirā’ah dalam pembelajaran keterampilan reseptif berbahasa Arab untuk pendidikan tingkat menengah.  Metode yang digunakan adalah metode kajian pustaka (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa artikel jurnal, buku-buku, dan beberapa sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode qirā’ah merupakan salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan keterampilan reseptif berbahasa Arab (mahārah al-istimā’ dan mahārah al-qirā’ah). Dalam pembelajaran keterampilan menyimak (mahārah al-istimā’) siswa mampu memahami isi dari apa yang telah disimak dan mengungkapkan kembali lewat bahasanya baik secara lisan maupun tulisan. Adapun dalam pembelajaran keterampilan membaca (mahārah al-qirā’ah) siswa mampu membaca teks Arab dengan fasih, mampu menerjemahkan dan mampu memahaminya dengan baik dan lancar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...