MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Ivylentine Datu Palittin (Universitas Musamus)
Wilhelmus Wolo (Universitas Musamus)
Ratna Purwanty (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Motivasi adalah sesuatu yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Motivasi dapat diperoleh dari dalam diri sendiri, maupun dari lingkungan. Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan melihat hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Muting 7 Distrik Muting Tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampel jenuh, di mana semua jumlah populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh nilai uji korelasi -0,08 yang berada pada interval koefisien sangat rendah sedangkan koefisien determinan 0,74. uji t test menunjukan nilai = 2,04. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Muting 7 Distrik Muting

Copyrights © 2019