Prosiding Semnastek
PROSIDING SEMNASTEK 2016

ANALISA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN

Noer hikmah (Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta)
Adjat Sudrajat (Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2016

Abstract

BPJS Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan  kesehatan  bagi seluruh rakyat Indonesi. Pendaftaran anggota BPJS kesehatan bisa dilakukan secara online, dengan demikian pihak penyedia jasa harus mampu memberikan perhatian penuh pada service quality (SERVQUAL). Persepsi pelanggan  terhadap kualitas pelayanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan  suatu  jasa. Salah satu cara membedakan  perusahaan  jasa yang satu dengan  perusahaan jasa yang lainnya adalah dengan memberikan pelayanan dan kualitas yang lebih tinggi secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendaftaran online BPJS kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Fuzzy Servqual yang diukur antara lain : Tangibles (bukti terukur) , Reliability (keandalan) , Responsiveness (daya tanggap) , Assurance (jaminan) , Empathy (empati). dari kelima dimensi tersebut maka didapatnya kesimpulan bahwa dimensi yang memiliki GAP terbesar adalah dimensi Reabilitas sebesar -12,49 sehingga pada dimensi ini banyak yang harus diperbaiki.sedangkan dimensi yang memiliki GAP terkecil adalah dimensi Empathy sebesar -1,40.Kata Kunci: BPJS, servqual, kepuasaan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) merupakan kumpulan paper atau artikel ilmiah yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. ...