Proceeding SENDI_U
2019: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

MODEL E-COMMERCE DENGAN METODE WEB ENGINEERING METHOD UNTUK MENUNJANGPEMASARAN PRODUK PADA XYZ PET SHOP

Hamdani, Agus Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2019

Abstract

XYZ Pet Shop adalah sebuah badan usaha yang bergerak di bidang penjualan makanan dan aksesoris hewan peliharaan. aktivitas penjualan produk yang dilakukan saat ini masih dilakukan secara tradisional dan memiliki beberapa masalah dan kekurangan, diantaranya adalah : pemesanan produk masih dilakukan menggunakan media suara, belum adanya media untuk melakukan promosi produk sehingga customer tidak mengenal produk-produk yang dijual, customer mengalami kesulitan untuk mengetahui informasi ketersediaan dan harga produk yang ditawarkan, tidak ada fasilitas untuk mengelola data customer, staf penjualan mengalami kesulitan mengetahui informasi pembayaran dari customer, komunikasi dan koordinasi antara staf penjualan dan staf gudang tidak terjalin dengan baik terkait informasi ketersediaan produk yang dipesan oleh customersehingga sering menyebabkan keterlambatan dalampengiriman produk. Berdasarkan kondisi diatas, penulis melakukan penelitian untuk memberikan solusi alternatif terhadap permasalahan yang terjadi di XYZ Pet Shop berupa penerapan E-Commerce. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Work Centered Analysis untuk menganalisis proses bisnis potensial yang ada pada XYZ Pet Shop dan menggunakan metode Web Engineering Method untuk perancangan aplikasi E-Commerce. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk implementasi E-Commerce menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil akhir yang dicapai dalam penelitian ini adalah prototipe E-Commerce yang menunjang aktivitas penjualan dan pemasaran produk makanan hewan peliharaan yang ada pada XYZ Pet Shop.

Copyrights © 2019