Jurnal Kimia dan Kemasan
Vol. 41 No. 2 Oktober 2019

Green Modifikasi Nanopartikel Au Terhadap Permukaan Bentonit Terpilar Cu Sebagai Degradasi Zat Warna Remazol Brilliant Blue R (RBBR)

Indra Gunawan (Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju, BATAN Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan 15314 Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju, BATAN Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan 15314)
Miftah Fauziah (Departemen Kimia-FMIPA-Universitas Indonesia Kampus Baru UI, Depok 16424)
Yoki Yulizar (Departemen Kimia-FMIPA-Universitas Indonesia Kampus Baru UI, Depok 16424)
Sudirman Sudirman (Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju, BATAN Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan 15314)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2019

Abstract

Telah dilakukan sintesis bentonit terpilarisasi Cu dan diimmobilisasi nanopartikel Au sebagai katalis degradasi termal RBBR(Remazol Brilliant Blue R) menggunakan H2O2. Karakterisasi Na-bentonit, bentonit terpilarisasi Cu dan immobilisasi naopartikel Au di dalam Cu-bentonit dilakukan dengan menggunakan peralatan-peralatan FTIR, XRDdan SEM-EDS. Dalam kategori pewarna secara keseluruhan, RBBRadalah pewarna antrakuinon yang digunakan pada industri tekstil. Ini adalah pewarna berbahaya dan dapat merusak kehidupan akuatik dan juga kehidupan vegetatif jika air yang terkontaminasi digunakan untuk irigasi. Karakterisasi degradasi dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis menunjukkan pada jumlah katalis 4 mg Cu-bentonit-Au mampu mempercepat reaksi degradasi termal RBBRpada konsentrasi 1,56x10-5M, dengan persentase dye removalmencapai 98,18%. Waktu reaksi dan suhu reaksi optimum adalah 10 menit dan 98 oC, sementara konsentrasi optimum H2O2untuk degradasi RBBRadalah 4,62x10-1M.

Copyrights © 2019