Gejala sosial yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia saat ini, memberikan gambaran sebagai akibat dari rendahnya kesadaran spiritual keagamaan dan berujung pada minimnya ketaatan serta kepatuhan terhadap ajaran agama (norma agama), sehingga berdampak pada masalah-masalah sosial seperti kemaksiatan, kejahatan, dan kezaliman serta sikap sosial yang tercela seperti kolusi, korupsi, suap, dan perbuatan tidak bertanggungjawab lainnya. Dari sisi pendidikan, tawuran antar siswa, sex bebas, narkoba, dan tindakan asusila maupun pelanggaran hukum lainnya masih banyak mewarnai pendidikan Indonesia saat ini. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan sikap kesadaran spiritual agama siswa melalui program pendidikan yang berkesinambungan. Salah satu program tersebut adalah layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk memberikan sebuah referensi dan kerangka konseptual terhadap pengembangan khasanah teori dan praktek konseling yaitu yaitu mengintegrasikan nilai-nilai religius (Islam) ke dalam pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan kesadaran spiritual agama siswa SMA. Nilai-nilai religius dalam perspektif Islam yang dimaksudkan adalah kandungan ayat-ayat Al-Quran dan Hadits sebagai sunah Rasulullah SAW.Â
Copyrights © 2019