Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling
Vol 6, No 1 (2019): JURNAL KOPASTA (JUNI 2019)

MENGURANGI AGRESI VERBAL SISWA MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA (Studi Eskperimen kelas VII MTs Islamic Center Nahdlatul Wathan Batam)

Rofiqah, Tamama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Teknik sosiodrama merupakan pemberian bantuan kepada siswa yang memiliki permasalahan dalam hubungan sosial dengan cara membentuk sebuah kelompok dan permasalahannya akan diselesaikan dengan bermain peran. Dengan mengikuti teknik sosiodrama ini siswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam bertingkah laku dan bersosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku agresi verbal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pre-Eskperimen ( The One Group Pretest-Posttest Design). Penelitian dilakukan di MTs Islamic Center Nahdlatul Wathan dengan sampel penelitian sebanyak 20 orang. Instrument yang digunakan adalah angket skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum perilaku agresi verbal siswa dapat dikurangi melalui penerapan teknik sosiodrama. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru BK dalam menangani siswa yang berperilaku agresi adalah dengan menerapkan teknik sosiodrama.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kopastajournal

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science

Description

Jurnal KOPASTA publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling ...