Jurnal Pariwisata
Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Pariwisata

PENGELUARAN WISATAWAN ASAL MALAYSIA DI BANDUNG

Horas Djulius (Universitas Pasundan)
Bilal Fajar Nugraha (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2019

Abstract

Mengetahui pola konsumsi dan faktor yang memengaruhi konsumsi wisatawan di suatu daerah adalah salah satu kunci sukses dalam mengelola destinasi wisata setingkat kota seperti halnya Kota Bandung. Walaupun faktanya hingga tahun 2018, kunjungan wisatawan ke Kota Bandung masih didominasi oleh wisatawan domestik, perencanaan dalam menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk datang dan mengeluarkan pendapatannya, masih sangat relevan untuk disusun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai dan jenis konsumsi wisatawan mancanegara di Kota Bandung, yang diwakili oleh wisatawan asal Malaysia sebagai turis asing yang paling banyak berkunjung. Pada akhir 2018 sebuah survey dilakukan terhadap 100 orang wisatawan yang sedang berkunjung di berbagai objek dan daya tarik wisata yang ada di Kota Bandung. Data yang diperoleh melalui kuesioner tersebut diolah dengan statistika deskriptif dan analisis faktor. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Bandung selama 3 hari 2 malam, dengan pengeluaran per orang sekitar Rp 4juta-Rp 5juta selama kunjungan tersebut. Pengeluaran tersebut terdiri atas pengeluaran sewa hotel, transportasi selama di Kota Bandung, makan dan minum dan souvenir. Analisis faktor menyimpulkan variabel pertama yang terbentuk dalam menjelaskan konsumsi wisatawan adalah faktor-faktor yang ada di dalam diri wisatawan dan variabel kedua yang terbentuk adalah faktor-faktor yang ada daerah tujuan wisata.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Jurnal PARIWISATA Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai Kepariwisataan dan Destinasi Wisata. Dengan lingkup keilmuan pada bidang: 1. Destinasi Pariwisata 2. Kualitas Pelayanan 3. Perhotelan 4. ...