Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan dinamika birokrasi dalam perspektif psikologi sosial/politik/organisasi pada pimpinan universitas dan pimpinan fakultas dalam menerapkan kebijakan sistem kredit karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan narasumber pimpinan rektorat yaitu wakil rektor 1 dan kabagmawa, pimpinan fakultas psikologi yaitu dekan dan wakil dekan 3 serta fakultas ilmu kesehatan yaitu wakil dekan 3, katua program studi keperawatan dan kesejahteraan masyarakat. Pengambilan sampel fakultas diawali dengan komunikasi dengan organisasi mahasiswa di sejumlah fakultas Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam pengambilan keputusan secara institusi, elemen kebijakan mempunyai peran yang signifikan dalam merancang bangun kurikulum pendidikan. Sinergisitas pemegang kebijakan, lingkungan kebijakan dan sistem kebijakan merupakan unsur yang menguatkan dan dikuatkan. Kebijakan sistem kredit karakter mahasiswa menjadi alternatif kebijakan dalam meningkatkan kemampuan soft skills peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa fragmentasi antar pengambil kebijakan menjadi dinamika organisasi yang harus segera diselesaikan dan adanya korelasi positif dalam aktifitas kemahasiswaan ketika sistem kredit karakter mahasiswa diimplementasikan.
Copyrights © 2019