Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 5, No 2 (2019): July

PENGARUH MEMBACA 15 MENIT TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Laela Safitri (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Aji Heru Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Santhy Hawanti (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan gerakan literasi sekolah (GLS) untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis siswa. Hal ini diperkuat dengan gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Gerakan Literasi Sekolah pada jenjang Sekolah Dasar dalam tahap pembiasaan yaitu membaca 15 menit buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh membaca 15 menit sebelum pembelajaran terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu korelasi sederhana. Subyek penelitian siswa kelas V di SD Negeri 1 Karanglewas Lor sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. Analisis data menggunakan SPSS statistik Versi 21. Berdasarkan SK nomor 421.2/ 25/2017 Gerakan Literasi Sekolah diterapkan di SD Negeri 1 Karanglewas Lor sejak tanggal 7 januari 2018. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 menunjukan minat membaca siswa 16,7% berada pada kategori tinggi, 66,6% pada kategori sedang, danĀ  16,7% kategori rendah.Kata kunci: Minat Membaca

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...