MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 5 No 2 (2018): September

Faktor Kepribadian terhadap Pemerolehan dan Perkembangan Bahasa Anak Usia SD/MI

Ni'mah Afifah (Universitas Alma Ata Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2018

Abstract

Secara garis besar, pemerolehan bahasa anak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Tulisan ini berupaya menganalisa membahas faktor intrinsik pemerolehan bahasa anak, khususnya faktor kepribadian. Dan dalam konteks ini terdapat empat tipe kepribadian yang kita kenal dan tiap orang memiliki dominasi pada salah satu tipe tersebut dalam kepribadiannya. Ada yang dominan memiliki tipe kepribadian sanguin,melankolis, plegmatis maupun koleris. Dan secara garis besar bisa diklasifikasikan dalam bentuk kepribadian introvert dan extrovert. Kepribadian merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa. Faktor ini berkaitan dengan apa yang terjadi dalam diri pebelajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan penguasaan pemerolehan bahasa pada siswa berkepribadian extrovert dan introvert, siswa ekstrovert memiliki kompetensi pemerolehan lebih tinggi daripada siswa berkepribadian introvert. Demikian juga pada tipe kepribadian sanguin, koleris, plegmatis dan melankolis juga berhubungan erat dengan pemerolehan dan perkembangan bahasa pada anak usia SD/MI

Copyrights © 2018