Learner atau pembelajar mulai menggunakan berbagai perangkat teknologi komunikasi bergerak yang terhubungdengan internet dan menjadikan kecenderungan baru pembelajaran secara mobile dan biasa dikenal mobilelearning (m-learning). M-learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi berbasis perangkat teknologi informasi bergerak. Pada konsep pembelajaran tersebut, M-Learningmemberikan manfaat tersedianya materi pelajaran yang dapat diakses setiap saat dengan menggunakan perangkatkomunikasi bergerak. Penyalahgunaan handphone oleh peserta didik tidak bisa dilihat kesalahannya selalu padapeserta didik, tetapi bisa jadi karena kekurang menarikan pembelajaran dikelas sehingga peserta didikmengalihkan perhatiannya. Selanjutnya menjadi tugas pendidik untuk dapat mengelola untuk dapat mengambilefek positif dari penggunaan perangkat mobile dengan memberdayakan perangkat mobile menjadi mediapendukung dalam proses pembelajaran. Dalam implementasi m-learning yang perlu menjadi pertimbangan yaitumemperhatikan aspek efisiensi, efektifitas dan daya tarik dari m-learning tersebut. Secara keseluruhan efisiensidiukur dengan rasio jumlah waktu, personalia dan biaya yang dibutuhkan. Sedangkan efektifitas pembelajaranberhubungan dengan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Daya tarik pembelajaran dapat dilihat dariketertarikan dan kecenderungan siswa untuk melalui proses pembelajaran.
Copyrights © 2016