Abstrak: Pola tata letak produk yang kurang strategis dan tepat dapat membuat konsumen bisnisritel sulit untuk menemukan dan mendapatkan produk-produk yang mereka butuhkan. Tata letakproduk yang kurang tepat akan membuat konsumen menghabiskan waktu yang cukup lamahanya untuk menemukan produk-produk tersebut. Tata letak produk yang strategis dan tepatakan membuat produk lebih mudah dijangkau oleh konsumen dan konsumen tidak akanmenghabiskan banyak waktu. Untuk itu perlu dibuat sebuah model yang dapat menentukan polatata letak produk. Metode data mining market basket analysis yang dapat digunakan untukmenampilkan informasi pola pembelian produk yang sering dilakukan oleh konsumen dalamsatu keranjang belanja dan menentukan model tata letak produk sesuai dengan pola pembelianproduk yang dilakukan oleh konsumen. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support danconfidence dari hubungan antara dua barang dan tiga barang. Semakin tinggi nilai confidencedan support maka semakin kuat nilai hubungan antar atribut.
Copyrights © 2015