JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
2015: Prosiding Pendidikan Transformatif dan Tantangan Masa Depan Bangsa

Metode Data Mining Market Basket Analysis untuk Menentukan Pola Tata Letak Produk Ritel

Wiwin Hartanto (Economic Education, University of Jember)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2015

Abstract

Abstrak: Pola tata letak produk yang kurang strategis dan tepat dapat membuat konsumen bisnisritel sulit untuk menemukan dan mendapatkan produk-produk yang mereka butuhkan. Tata letakproduk yang kurang tepat akan membuat konsumen menghabiskan waktu yang cukup lamahanya untuk menemukan produk-produk tersebut. Tata letak produk yang strategis dan tepatakan membuat produk lebih mudah dijangkau oleh konsumen dan konsumen tidak akanmenghabiskan banyak waktu. Untuk itu perlu dibuat sebuah model yang dapat menentukan polatata letak produk. Metode data mining market basket analysis yang dapat digunakan untukmenampilkan informasi pola pembelian produk yang sering dilakukan oleh konsumen dalamsatu keranjang belanja dan menentukan model tata letak produk sesuai dengan pola pembelianproduk yang dilakukan oleh konsumen. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support danconfidence dari hubungan antara dua barang dan tiga barang. Semakin tinggi nilai confidencedan support maka semakin kuat nilai hubungan antar atribut.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...