FKIP e-PROCEEDING
Vol 3 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika

ANALISIS KORELASI MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Nadhifatun Nadhifatun (UNIVERSITAS JEMBER)
Yushardi Yushardi (UNIVERSITAS JEMBER)
Bambang Supriadi (UNIVERSITAS JEMBER)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Hasil studi PISA (Program for International Student Assessment) tahun 2015 menunjukkan bahwaIndonesia berada pada urutan 69 dari 72 negara peserta survey. Tes PISA merupakan studiinternasional yang mencakup tiga kompetensi dasar yaitu membaca, matematika dan, sains siswasekolah yang dilkukan tiga tahun sekali dan mengukur apa yang diketahui siswa dan apa yangdapat siswa lakukan dengan pengetahuannya. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhioleh faktor dari dalam individu maupun dari luar individu diantaranya minat belajar dankemampuan berpikir kritis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana korelasi antaraminat belajar fisika pokok bahasan rangkaian arus searah terhadap kemampuan berpikir kritissiswa?. Penelitian ini menggunakan tes dan angket sebagai metode pengumpulan data.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; Korelasi antara minatbelajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa pada pokok bahasan rangkaian arus searahtergolong rendah di MAN Bawu Jepara yaitu 0,315.

Copyrights © 2018