HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 3, No 2 (2018): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI METODE KARYAWISATA KELAS VIIC SMPN 50 BATAM

Yulia, Desma (Unknown)
Mulia, rezky (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2019

Abstract

Pemakaian metode ceramah yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran membuat siswa kurang merasa senang dan bersemangat dalam pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari minat belajar siswa yang kurang terhadap mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode karyawisata dapat meningkatkan minat belajar siswa IPS Terpadu di kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan MC Tagart. Siswa yang diteliti yaitu kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam menggunakan dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisa data menggunakan angket dalam setiap tindakan, angket dibagian setelah diterapkannya metode pembelajaran dikelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada kelas VIIC SMP Negeri 50 Batam sebelum dan sesudah memakai metode karyawisata. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase minat belajar siswa dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi berdasarkan jumlah rata-rata peresentase minat siswa yang diambil dari angket. Pada pra tindakan siswa yang berminat 49,95 %, siklus I siswa yang berminat sebanyak 74,933%, sedangkan pada siklus II siswa yang berminat meningkat menjadi 81,967%. Untuk tingkat minat belajar pada penelitian ini sudah dapat dikatakan berhasil karena ≥ 75% dari jumlah seluruh siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

journalhistoria

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Historia adalah jurnal ilmiah berkala Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan yang berkonsentrasi pada ilmu yang berkaitan dengan ...