Techne : Jurnal Ilmiah Elektroteknika
Vol. 18 No. 2 (2019)

Perancangan dan Simulasi Antena Mikrostrip Patch Lingkaran Multilayer Parasitic untuk Aplikasi Wireless Local Area Network (WLAN)

Intan Cahyaningtyas (Universitas Kristen Satya Wacana)
Eva Yovita Dwi Utami (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2019

Abstract

Pada penelitian ini dirancang antena mikrostrip patch lingkaran dengan penambahan metode multilayer parasitic dan metode DGS (Defected Ground Structure). Rancangan antena yang disimulasikan memiliki frekuensi kerja 5,8 GHz untuk aplikasi WLAN (wireless local area network). Metode multilayer parasitic digunakan untuk meningkatkan gain antena., sedangkan metode DGS dipilih untuk mengurangi gelombang permukaan yang bisa menurunkan efisiensi antena. Antena yang dirancang dan disimulasikan memiliki 3 layer. Pada layer utama ditempatkan metode DGS berbentuk persegi panjang beserta pencatu antena. Layer end-parasitic ditempatkan di bawah layer utama yang terdiri dari ground dan substrat tanpa patch. Lalu layer front-parasitic ditempatkan di atas layer utama yang terdiri dari substrat dan patch saja tanpa ground. Antena ini dirancang dengan ground berbahan tembaga dengan ketebalan 0,035 mm, memiliki substrat berbahan FR-4 Epoxy dengan ketebalan 1,6 mm dan memiliki permitivitas relatif bernilai 4,6. Setelah dirancang dan disimulasikan, simulasi menunjukkan nilai return loss -17,548 dB, nilai VSWR 1,299, dan nilai gain 7,08 dB dengan pola radiasi direksional. Dengan menggunakan metode multilayer parasitic antena mengalami total peningkatan gain sebesar 5,33 dB. Hal ini menunjukkan metode multilayer parasitic dapat digunakan untuk meningkatkan gain antena.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

techne

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

urnal Ilmiah Elektroteknika Techné (p-ISSN: 1412-8292, e-ISSN: 2615-7772) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Kristen Satya Wacana. Kajian ilmu yang tercakup dalam Jurnal Ilmiah Elektroteknika Techné adalah bidang-bidang Elektronika ...