Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 50, No 2 (2017): SEPTEMBER

SOCIAL MARKETING IMPLEMENTATION IN FINANCIAL COMPANY TO ENHANCE CUSTOMERS’ INSIGHT (Study on “Daya” Program in PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional)

Rachmat Hidayat (Unknown)
Andriani Kusumawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih dalam mengenai penerapan pemasaran sosial yang digunakan oleh PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) melalui programnya bernama Daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses penelitian ini melibatkan tiga aktor utama dalam perusahaan dan enam nasabah berbeda yang diklasifikasikan berdasarkan pada sektor bisnis dan durasi nasabah mengikuti program. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: bentuk dari pemasaran sosial oleh BTPN adalah pemberdayaan bernama Daya. Program ini memberdayakan masyarakat yang berasal dari kalangan pra-sejahtera. Daya memberikan mereka wawasan mengenai keuangan dan bisnis dasar. Daya mengharapkan nasabah untuk memiliki semangat dan keinginan untuk menjalankan usaha. Karakter dari nasabah Daya adalah kebanyakan memiliki pendidikan yang kurang tentang bisnis dan pada akhirnya hanya mengikuti semua arahan dari Daya tanpa menyaring dan mengeluh. Hal ini membuat Daya harus menciptakan strategi pemberdayaan agar relevan dan membuat nasabah menjadi aktif.  Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat kekurangan dari program Daya dalam menilai keefektifan dan efisiensi dari program. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Daya dapat membuat sistem kloter agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Kata Kunci : Pemasaran Sosial, Perusahaan Keuangan, Wawasan Nasabah ABSTRACT The research aims to explore and achieve better understanding upon the social marketing used by PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) through its program called “Daya”. Research uses the qualitative method. It involves three main stakeholders in company and six different established Daya’s customers divided into their business sector and duration of their enrolment. The results show that: form of BTPN’s social marketing strategy is through a empowerment program named “Daya”. It generates people from pre-prosperous family to run their own. “Daya” gives them insight specifically in basic financial and business knowledge. “Daya” expects the customer to possess spirit and willingness in running their business. Character of the customer most likely is less educated in term of business and accepts all the contents without filtering or complaining. It makes “Daya” should have to create strategic empowerment to customers. In other side, “Daya” should adjust the content to make it relevant with current business situation and customer needs. The research found that there is a lack of measurement in assessing the efficiency and effectiveness. Thus, “Daya” can create a batch system to acquire better result. Keywords: Social Marketing, Financial Company, Customers’ Insight.  

Copyrights © 2017