Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 54, No 1 (2018): JANUARI

ANALISIS ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO DENGAN BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Survei pada konsumen Oppo Shop Center Sidoarjo)

Desy Purnamasari (Unknown)
Edy Yulianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

The research type used is explanatory research with quantitative approach. Samples taken 114 customers which is determined by purposive sampling technique. Data collecion method use are questionnaires. The statistical analysis used are descriptive analysis and inferential analysis consisting of path analysis with SPSS 20.0 version. Based on the path result showed that eWOM has a significant and positif effect of Brand Image with beta coefficients 0,615, arithmetic t 8,244, and probability 0,000 (p<0,05), eWOM has a significant and positif effect of Purchase Decision with beta coefficients 0,635, arithmetic t 8,704, and probability 0,000 (p<0,05), eWOM has a significant and positif effect of Brand Trust with beta coefficients 0,734 arithmetic t 11,432, and probability 0,000 (p<0,05), Brand Image has a significant and positif effect of Purchase Decision with beta coefficients 0,727, arithmetic t 11,210, and probability 0,000 (p<0,05), and Brand Trust has a significant and positif effect of Purchase Decision with beta coefficients 0,729, arithmetic t 11,282, and probability 0,000 (p<0,05). Kеywords: EWOM, Brand Image, Brand Trust, Purchase Decision АBSTRАK Jenis penelitian yang digunaksan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 114 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari analisis jalur path dengan SPSS versi 20.0 Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variable (1) eWOM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap  Brand Image dengan nilai koefisien beta sebesar 0,615 dengan thitung sebesar 8,244 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (2) variabel eWOM memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien beta sebesar 0,635 dan thitung sebesar 8,704 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (3) variabel eWOM memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Brand Trust dengan nilai koefisien beta sebesar 0,734 dan thitung sebesar 11,423 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (4) variabel Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan  nilai koefisien beta sebesar 0,727, thitung sebesar 11,210 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (5) variabel Brand Trust memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian dengan koefisien beta sebesar 0,729, thitung sebesar 11,282 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05), Kаtа Kunci: EWOM, Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2018