Indonesian Journal of Islamic Educational Management
Vol 2, No 2 (2019): IJIEM

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI (Implementasi Kurikulum berbasis KKNI pada Program Sarjana Melalui Pendekatan Andragogi)

Muhammad Yusuf (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
S. Sohiron (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran pada program sarjana sebagai implementasi KKNI dalam rangka untuk tercapainya capaian pembelajaran lulusan (CPL). Untuk mencapai CPL pembelajaran dikelola yang tertuang di dalam rencana pembelajaran semester (RPS). Pembelajaran dalam rangka mencapai CPL menggunakan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa (student centred learning disingkat SCL). Pendekatan SCL dapat menerapkan pendekatan andragogi, yaitu seni dan ilmu dalam membantu peserta didik (orang dewasa) untuk belajar dengan menerapkan pendekatan dalam konsep belajar, yakni: konsep diri (the self-concept); pengalaman hidup (the role of the learner’s experience) kesiapan belajar (readiness to learn), orientasi belajar (orientation to learning), kebutuhan pengetahuan (the need toknow), motivasi (motivation).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJIEM

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Bulan April dan November. Jurnal ini diterbitkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan dan rujukan bagi semua yang berprofesi di bidang Administrasi Pendidikan (Manajemen ...