SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 3, No 1 (2019): November

PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN PROTOTIPE APLIKASI MENGGUNAKAN PROTO IO UNTUK MENUMBUHKAN MINAT PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN di SMK NASIONAL MALANG

Lia Farokhah (STMIK ASIA Malang)
Fadhli Almu'iini Ahda (STMIK ASIA Malang)
Suastika Yulia Riska (STMIK ASIA Malang)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

ABSTRAKMata pelajaran pemrograman merupakan salah satu mata kuliah kosentrasi atau jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  atau perguruan tinggi berbasis komputer. Mata kuliah pemrograman menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi siswa-siswi maupun mahasiswa dalam menempuh pembelajaran sesuai kosentrasi atau jurusan mereka. Hal ini sangat kontradiksi dengan jurusan yang mereka ambil sehingga perlu di ujicoba pengembangan pedagogi pengajaran untuk menunjang motivasi belajar dalam pemrograman. Pengembangan pembelajaran menjadi sangat penting karena selain kita berada pada abad teknologi yang membutuhkan lebih banyak aplikasi yang harus dikembangan untuk membantu kehidupan manusia. Pengembangan pedagogi pengajaran juga digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar pemrograman agar siswa-siswi atau mahasiswa dengan jurusan atau kosentrasi computer bisa menyukai mata pelajaran pemrograman dimana pada akhirnya menunjang kualitas lulusan yang dihasilkan sesuai bidangnya. Dalam pengembangan pedagogi pada pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMK Nasional Malang dilakukan dengan melakukan pre test pertanyaan kuesioner sebelum dan sesudah diadakannya pelatihan pembuatan prototipe aplikasi menggunakan software instan PROTO IO. Hasil yang didapat dari analisis kuesioner didapatkan peningkatan motivasi belajar pemrograman sebesar 76,67% dan peningkatan motivasi minat menjadi programmer sebesar 16,66%. Kata kunci: pedagogi, pemrograman, motivasi belajar, aplikasi ABSTRACTProgramming lesson is one of the concentration courses or majors in Vocational Schools (SMK) or computer-based colleges. Programming lesson become one of the difficulties faced by students according to their concentration or their majors. This is very contradictory with their majors so that  it is necessary to test the development of teaching pedagogy to support learning motivation in programming lesson. The development of learning is very important because besides we are in the technology era that requires more applications that must be developed to help human life. The development of teaching pedagogy is also used to foster motivation to learn programming lesson so students with majors or concentrations of computers can like programming lesson which ultimately support the quality of graduates produced in their fields. In the development of pedagogy on society service carried out in SMK Nasional Malang, questionnaire were conducted before and after the training on making prototype applications using PROTO IO with instant software. The results obtained from questionnaire showed that an increase in programming learning motivation with 76.67% and an increase in motivation to become a programmer of 16.66%. Keywords: pedagogy, programming, learning motivation, application

Copyrights © 2019