SUARA GURU
Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107

IDENTIFIKASI CARA BELAJAR SISWA KELAS V SDN 001 KECAMATAN KUANTAN MUDIK

Aswita Aswita (SD Negeri 001 Pasar Lubuk Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis di SDN 001 Kecamatan Kuantan Mudik kurangnya semangat siswa dalam belajar, dan masih ada siswa yang tidak mempunyai jadwal belajar. Temuan tersebut, salah satu bantuan dan bimbingan yang diberikan agar siswa dapat mengembangkan potensi dan kemampuan dengan melalui cara belajar siswa dalam bidang bimbingan belajar yang merupakan salah satu unsur bimbingan dan konseling. Cara ini meliputi cara mengikuti pelajaran, mencatat, membaca, menghadapi ujian, menyusun rencana kegiatan belajar. Metode penelitian mencakup tahapan mengemukakan asumsi, menetapkan populasi dan sampel, menetapkan data yang terkumpul dan menyusun alat pengumpul data. Analisis data menggunakan rumus formula P yaitu P=F/N dan pengolahan data menggunakan rumus  IDEAL + (Z x IDEAL). Aspek cara mengikuti pelajaran dari 66 orang siswa, dapatkan dikategorikan (25% tinggi, 50% sedang, 0 % rendah). Aspek cara mencatat dikategorikan (50% tinggi, 50% sedang, 0 % rendah). Aspek cara membaca dikategorikan (75% tinggi, 25% sedang, 0 % rendah). Aspek cara menghadapi ujian dikategorikan (75% tinggi, 25% sedang, 0 % rendah). Aspek cara menyusun rencana kegiatan belajar dikategorikan (50% tinggi, 50% sedang, 0 % rendah). Dengan demikian penelitian identifikasi cara belajar siswa ini masuk pada kategori tinggi. Sebab itu perlu rekomendasi yang disampaikan kepala sekolah agar dapat dipertahankan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

suaraguru

Publisher

Subject

Education

Description

Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada pengembangan dan aplikasi teori, pendekatan, sistem, metode, implementasi, and evaluasi penerapan kurikulum dan pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. ...