Abstraks Inovasi dan strategi bisnis dilakukan oleh UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan agar dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Untuk mempermudah bagi peneliti, maka obyeknya adalah UMKM yang sudah menjadi mitra binaan dari Dinas UMKM dan Koperasi kabupaten Kuningan Jawa Barat lebih kurang sebanyak 5.151 UMKM .Metode penelitian ini kuantitatif dengan pengambilan sampel secara probability sampling, dan dengan teknik Proportional Random Sampling. Alat analisis datanya Analisis Regresi Berganda.Hasil dari penelitian ini, secara parsial ( uji t ) menunjukkan bahwa inovasi dan strategi bisnis berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kabupaten Kuningan. Dan berdasarkan hasil simultan ( uji F ) menunjukkan bahwa inovasi dan strategi bisnis bersama-sama mempengaruhi terhadap keunggulan bersaing dari UMKM di Kabupaten Kuningan.Kata Kunci : Inovasi,Strategi Bisnis, dan Keunggulan Bersaing
Copyrights © 2019