Indonesian Journal of Strategic Management
Vol 2, No 2 (2019)

INOVASI DAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DARI UMKM DI KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT

dikdik Harjadi (Universitas Kuningan)
wachjuni wachjuni (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Abstraks Inovasi dan strategi bisnis dilakukan oleh UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan agar dapat  meningkatkan keunggulan bersaing. Untuk mempermudah bagi peneliti, maka obyeknya adalah UMKM  yang sudah menjadi mitra binaan dari  Dinas UMKM dan Koperasi kabupaten Kuningan Jawa Barat lebih kurang sebanyak 5.151 UMKM  .Metode penelitian ini  kuantitatif dengan pengambilan sampel secara  probability sampling, dan dengan teknik Proportional Random Sampling.  Alat analisis datanya  Analisis Regresi Berganda.Hasil dari penelitian ini, secara parsial ( uji t )  menunjukkan bahwa inovasi dan strategi bisnis berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kabupaten Kuningan. Dan berdasarkan hasil simultan ( uji F ) menunjukkan bahwa inovasi  dan strategi bisnis  bersama-sama mempengaruhi terhadap keunggulan bersaing dari UMKM di Kabupaten Kuningan.Kata Kunci : Inovasi,Strategi Bisnis, dan Keunggulan Bersaing

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

IJSM: Indonesian Journal of Strategic Management with p-ISSN 2614-5391 and e-ISSN 2614-2406 is a peer reviewed journal published in Indonesia by the Department of Management, Faculty of Economic and Business, the University of Kuningan (Prodi Manajemen FEB UNIKU). This Journal is published twice a ...