ABSTRAKLatar belakang dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi pada SMP IT Abubakar Yogyakarta pada kelas VIII rendahnya prestasi belajar IPS yang diperoleh pada ujian tengah semester siswa kelas VIII, rata-rata di bawah 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Hubungan atara Prestasi Belajar IPS Terpadu dengan Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar pada Kelas VIII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta”. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ Ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dan kedisiplinan dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta berjumlah 173 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode skala dan dokumentasi. Skala digunakan untuk mendapatkan data motivasi belajar dan kedisplinan belajar. Metode dokumentasi untuk mendapatkan data prestasi belajar IPS.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda, dengan uji asumsi normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahawa (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,572 dengan p =0,000 karena p lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,584 dengan p = 0,000 karena p lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar koefisien korelasi R sebesar 0,709 dengan p = 0,000 karena p lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) .Kata Kunci : Prestasi Belajar, Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar
Copyrights © 2013