Tarbiyatuna
Vol 6 No 1 (2015)

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Strategithink-Pair Share Di MI Ma’arif Sambeng Borobudur

Chusniati, Chusniati (Unknown)
Iman, Muis Sad (Unknown)
Sari, Kanthi Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan strategi Think-Pair Share siswa kelas IV di MI Ma?arif Sambeng Borobudur. Populasi penelitian ini adalah 85 siswa MI Ma?arif Sambeng Borobudur. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian tindakan kelas, sehingga subyek penelitian yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV MI Ma?arif Sambeng Borobudur tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 siswa Analisis deskriptif mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas siswa dari 56,7 menjadi 76 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa 52,7 menjadi 86. Setelah dilaksanakan penelitian hanya tedapat 1 siswa yang memperoleh nilai masih di bawah KKM, sedangkan sebelum dilaksanakan penelitian ada 9 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Hasil analisis korelasi t tes one group pretest-posttest desain menunjukkan penggunaan strategi Think-Pair Share memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 6,99. Bila dikonsultasikan dengan t tabel dengan df = 14 hasilnya adalah t_(5%)= 2,14 < t_(o=)6,99 > t_(1%)= 2,98 yang artinya penerapan strategi Think-Pair Share pada pembelajaran matematika di MI Ma?arif Sambeng Borobudur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal Tarbiyatuna contains scientific articles and research results in the field of Islamic education include; Islamic Education Thought, Islamic Education Management, Islamic Education Policy, Issues of Islamic Education, Islamic Education Philosophy, Basic Islamic Education, Islamic Religious ...