Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO
Vol 2, No 1: Maret 2019

MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI BERGERAK (ACTION ORIGAMI)

Mansyur, Asni (Unknown)
Sugianto, Bambang (Unknown)
Sukriati, Sukriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui kegiatan origami bergerak (action Origami) di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian mengikuti prosedur Penelitian Tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil tentang  kreativitas anak melalui kegiatan origami bergerak (action origami) menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 33,33% %, pada siklus I diperoleh persentase 60%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 86,67%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreatifitas di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan origami bergerak (action origami).Kata kunci: Kreativitas, Origami, Anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

RGAP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik ...