Proceeding Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan
Vol. 6 (2019): PROSIDING SIMPOSIUM NASIONAL VI KELAUTAN DAN PERIKANAN UNHAS

Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Pelagis Provinsi Kalimantan Utara

Abd Rasyid Jalil (Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar, 90245. Indonesia.)
Alfa Nelwan (Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar, 90245. Indonesia.)
Nurjannah Nurdin (Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar, 90245. Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Universitas Hasanuddin, Jl.Perintis Kemerdekaan km.10, Makassar, 90245. Indonesia.)
Mukti Zainuddin (Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar, 90245. Indonesia.)
Ilham Jaya (Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar, 90245. Indonesia.)
M. Akbar AS (Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Universitas Hasanuddin, Jl.Perintis Kemerdekaan km.10, Makassar, 90245. Indonesia.)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Potensi ikan pelagis di perairan Indonesia adalah 3,2 juta ton/tahun dengan tingkat pemanfaatan46,59% sehingga peluang untuk pengembangannya masih 43,41% namun pemanfaatannya harusmemperhatikan lokasi penangkapannya karena penangkapan ikan pelagis di Indonesia sebagianbesar telah memperlihatkan tingkat penguasaan yang berlebih seperti di Laut Jawa dan SelatMalaka kecuali untuk Laut Arafura dan Laut Sulawesi serta Samudera Pasifik. Tujuan penelitianxini adalah menganalisis potensi dan tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan pelagis di perairanProvinsi Kalimantan Utara. Pendekatan metode yang digunakan adalah metode “SurplusProduksi”. Metode ini berfungsi sebagai estimator kelimpahan relatif suatu sumberdaya ikan padaperairan provinsi Kalimantan Utara yang didasarkan pada hasil tangkapan per unit upayapenangkapan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kemampuan armada perikanan pelagis besar diProvinsi Kalimantan Utara belum dapat menjangkau daerah penangkapan ikan pelagis besar yangpotensial. Sumberdaya ikan pelagis besar yang memiliki habitat di perairan laut lepasmembutuhkan kemampuan armada yang lebih besar untuk menjangkau lokasi penangkapan ikanyang potensial. Tren hasil tangkapan per unit upaya penangkapan (CPUE) kelompok ikan pelagisbesar di perairan Kalimantan Utara menunjukkan tren menurun dengan laju penurunan sebesar0,02 ton/unit dalam kurun waktu tahun 2010-2014 adalah 3,8 ton/unit, sedangkan CPUE yangtertinggi sebesar 10,1 ton unit dengan jumlah upaya standar sebesar 256 unit.Kata kunci : ikan pelagis, CPUE, armada, Kalimantan Utara

Copyrights © 2019