Penelitian ini merupakan studi empiris untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (SIZE), financial leverage (DER), profitabilitas (ROA), terhadap pengungkapan informasi social perusahaan (CSR). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh. karakteristik perusahaan sebagai variabel independen dengan menggunakan variabel ukuran perusahaan (size), leverage dan tingkat profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai variabel dependen. Sampel dipilih menggunakan purposif sampling dengan dibatasi beberapa kriteria sehingga diperoleh jumlah sempel sebanyak 17 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dibursa efek Indonesia tahun 2012.Ukuran perusahaan (SIZE) diukur dari total aset yang dimiliki perusahaan, tingkat levarage (LEV) diukur denga rasio hutang,, Profitabilitas (PM) diukur dengan Return On Assets (ROS), dan CSR diukur dengan indek CSR. Data tersebut kemudian diuji normalitas, multikolineritas, autokorelasi danĀ heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdukung yaitu ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan CSR. Hasil pengujian hipotesis kedua tidak terdukung yaitu financial leverage (DER) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hasil pengujian hipotesis ketiga tidak terdukung yaitu profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hasil pengujian hipotesis keempat terdukungĀ yaitu tipe ukuran penelitian (SIZE), financial leverage (DER), dan profitabilitas (ROA) terhadap pengungkapan CSR.
Copyrights © 2014