Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Nanda Estri Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Arifin Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Pamujo Pamujo (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA tema lingkungan sahabat kita sub tema usaha pelestarian lingkungan siswa kelas V SD Negeri 1 Purwokerto Wetan melalui model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent (pretest dan posttest) Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Purwokerto Wetan yang berjumlah 50 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan pretest dan posttest sedangkan teknik non tes menggunakan angket. Hasil penelitian pengujian angket sikap peduli lingkungan siswa yaitu  > atau 2,708 > 2,01 yang dapat disimpulkan bahwa  ditolak yang berarti terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Hasil penelitian pengujian tes siswa  yaitu  >  atau 2,992 > 2,01 yang dapat disimpulkan bahwa  ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi Belajar IPA siswa.Kata kunci: Discovery Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...