Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yunia Vindi Anggita (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Arifin Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sony Irianto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research Of Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut kelas IV sekolah dasar, penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ledug, UPK Kembaran, Kabupaten Banyumas dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 di kelas IV. Penelitian ini mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel, and Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate) dan uji coba produk menggunakan Lesson Study. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, yang meliputi tes evaluasi, angket validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap bahan ajar adalah 3,6 memiliki kriteria baik sehingga LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model discovery learning pada kelas IV dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika di sekolah dasar. Respon guru terhadap bahan ajar adalah 4,3 memiliki kriteria baik. Respon siswa terhadap bahan ajar adalah 93.3 dengan kriteria “setuju”. Pengembangan LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model Discovery learning di kelas IV SD Negeri Ledug dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata kunci: LKPD, Discovery Learning, Sekolah Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...