Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research Of Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut kelas IV sekolah dasar, penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ledug, UPK Kembaran, Kabupaten Banyumas dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 di kelas IV. Penelitian ini mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel, and Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate) dan uji coba produk menggunakan Lesson Study. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, yang meliputi tes evaluasi, angket validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap bahan ajar adalah 3,6 memiliki kriteria baik sehingga LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model discovery learning pada kelas IV dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika di sekolah dasar. Respon guru terhadap bahan ajar adalah 4,3 memiliki kriteria baik. Respon siswa terhadap bahan ajar adalah 93.3 dengan kriteria “setuju”. Pengembangan LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model Discovery learning di kelas IV SD Negeri Ledug dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata kunci: LKPD, Discovery Learning, Sekolah Dasar.
Copyrights © 2019