Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SCRAPBOOK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Ragil Restuningtyas (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Aji Heru Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sony Irianto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research of Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Scrapbook berbasis model problem based learning pada tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 kelas 3 sekolah dasar; Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ledug, UPK Kembaran, Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 27 anak di kelas 3. Penelitian ini mengacu pada model 4-D (four-D Model) oleh S.Thiagarajan, Semmel yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (desain), develop (pengembangan), disseminate (pendesiminasian/ penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, yang meliputi tes evaluasi, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil Penelitian ini menunjukan 1)kondisi awal bahan ajar pada kelas III sekolah dasar masih terbatas; 2) pengembangan bahan ajar Scrapbook berbasis model problem based learning memperoleh skor 4,3 atau masuk pada kriteria “Sangat baik”, 3) respon guru terhadap scrapbook berbasis model problem based learning mendapatkan nilai rata-rata yaitu 3,9 dengan kriteria “sangat baik”. 4) respon siswa terhadap scrapbook berbasis model problem based learning memperoleh  skor 98% maka dikategorikan “sangat setuju”. Produk pengembangan bahan ajar scrapbook berbasis model problem based learning dapat diterapkan oleh siswa sebagai bahan ajar yang kreatif dan  membantu proses pembelajaran lebih menyenangkan. Kata kunci: Scrapbook, Problem Based Learning, Sekolah Dasar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...