Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

Annisa Nur Faiqoh (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sony Irianto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Subuh Anggoro (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Peserta didik di era abad 21 saat ini dihadapkan pada era globalisasi yang memerlukan kemampuan yang memadai. Kemampuan berpikir tingkat tinggi telah diusung dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (developm), penyebaran (disseminate). Penelitian bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes meliputi observasi, wawancara, validasi ahli, penilaian guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan LKPD Matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang di kelas V sekolah dasar dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika di sekolah dasar, 2) penilaian validasi pakar/ ahli terhadap hasil pengembangan LKPD memperoleh rata-rata 3,76 yang berarti valid, 3) penilaian guru terhadap LKPD Matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang di kelas V memperoleh rata-rata 4,55 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, 4) respon peserta didik terhadap LKPD Matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang di kelas V memperoleh rata-rata 3,55 yang berarti “Sangat Setuju”. Peserta didik antusias dan memperoleh keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga hasil evaluasi peserta didik juga baik. Kata kunci: LKPD, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Bangun Ruang

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...