Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
2019: Menuju Penerapan Teknologi Terbarukan pada Industri 4.0: Perubahan Industri dan Transformasi P

Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online

Khadafi, Shah (Unknown)
Salim, Agus (Unknown)
Nopendri, Nopendri (Unknown)
Prabowo, Rizkianto (Unknown)
Anam, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

UKM Reviora adalah salah satu contoh aktivitas kewirausahaan yang terletak di daerah Tanggulangin kota Sidoarjo, yang memproduksi tas, dompet, dan asesoris lainnya dari bahan daur ulang yaitu kantong semen. Terbatasnya jaringan pemasaran seperti media maupun fasilitas pemasaran menyebabkan sulitnya untuk memasarkan produk-produknya, sehingga pelanggannya juga terbatas hanya area kota Sidoarjo dan sekitarnya saja. Pengembangan website sebagai pengenalan sebuah informasi (produk) membutuhkan keterampilan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan website bagi UKM reviora yang dapat digunakan sebagai media informasi atau media pemasaran hasil produk-produknya agar dapat diketahui oleh khalayak luas guna menghadapi era industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan software development life cycle. Dimulai dari requirement (analisa kebutuhan), design system (rancangan sistem), implementation (penerapan), testing (pengujian perangkat lunak), sampai dengan maintenance (pemeliharaan). Penelitian ini menghasilkan sebuah website yang dapat menginformasikan produk-produk UKM Reviora beserta aktifitasnya bagi pelanggannya yaitu melalui domain www.reviora.id.

Copyrights © 2019