MetaKom : Jurnal Kajian Komunikasi
Vol 1 No 1 (2017): 1st Edition

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA ANAK PENDERITA AUTIS DENGAN TERAPIS DALAM MASA TERAPI SERTA EFEKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK (Studi Pada Orang Tua Dan Terapis Siswa Autis Di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi)

Salsabila Khairani (Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh orang tua anak penderita autis dengan terapis dalam masa terapi anak, serta mengetahui efek dari komunikasi tersebut terhadap perkembangan anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Joseph de Vito, dengan pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan para informan dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi yang diterapkan oleh orang tua dengan terapis terbukti berperan dalam perkembangan terapi anak. Dari kelima aspek tersebut, semuanya berhasil diterapkan oleh orang tua dan terapis. Namun, intensitas dilakukannya komunikasi tersebut juga dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam perkembangan terapi anak. Kata kunci: Komunikasi antarpribadi, pendekatan humanistik, orang tua, terapis, autis, perkembangan terapi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

metakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal MetaKom merupakan peer-reviewed journal yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung. Jurnal Kajian Komunikasi MetaKom menampung pemikiran-pemikiran dan hasil penelitian dari komunitas akademis. Terbit dua kali setahun, Jurnal MetaKom diharapkan mampu ...