MetaKom : Jurnal Kajian Komunikasi
Vol 1 No 2 (2017): 2nd Edition

MEMBANGUN KOMUNIKASI PARTISIPASI MASYARAKAT SEKITARDAERAH PENAMBANGAN EMAS TRADISIONAL DI KABUPATEN TASIKMALAYA (Studi tentang Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Daerah Penambangan Emas Melalui Perintisan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat)

Wina Erwina (Universitas Padjajaran)
Yunus Winoto (Universitas Padjajaran)
Nuning Kurniasih (Universitas Padjajaran)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Maraknya penambangan emas tanpa ijin (PETI) telah lama menjadi keprihatinan berbagai pihak, karena adanya penambangan emas ilegal ini tidak hanya akanmenyebabkan kerusakan lingkungan, pencemaran air sampai pada masalah-masalah sosial lainnya. Berkaitan dengan hal ini di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cineam, Kecamatan Karangjaya dan Kecamatan Salopa telah lama terdapat aktivitas penambangan emas ilegal. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintahKabupaten Tasikmalaya dari mulai kegiatan penyuluhan yang dilakukan pihak-pihak terkait sampai pada upaya penutupan lokasi penambangan emas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, aktivitas penambangan emas ilegal ini telah memberikan dampak terhadap kerusakan lingkungan dan pencemaran air sungai. Kata Kunci : Komunikasi partisipasi, pemberdayaan masyarakat,perpustakaan desa, pertambangan emas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

metakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal MetaKom merupakan peer-reviewed journal yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Lampung. Jurnal Kajian Komunikasi MetaKom menampung pemikiran-pemikiran dan hasil penelitian dari komunitas akademis. Terbit dua kali setahun, Jurnal MetaKom diharapkan mampu ...