Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 2 No 4 (2019): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Pemanfaatan Ruang Baca Labor Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Rina Agustina (UnP)
Mohammad Isa Gautama (UNP)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk melihat Bagaimana Pemanfaatan Ruang Baca Labor Sosiologi FIS UNP. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Fungsionalisme Struktural yang dikemukakan oleh Robert K. Merton, dimana di dalam teorinya memiliki konsep utama tentang fungsi yaitu : fungsi manifes dan latent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan mengacu pada teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian peneliti tentang pemanfaatan ruang baca labor sosiologi FIS UNP menemukan bahwa pemanfaatan ruang baca labor sosiologi terdapat dua fungsi yaitu: fungsi manifes dan fungsi latent. Fungsi manifes ruang baca digunakan (1) sebagai tempat membaca buku koleksi, (2)mengerjakan tugas kuliah (3) diskusi kelompok paradigma dan reference group, (4) Bimbingan skripsi. Sedangkan Fungsi latent digunakan (1) berkumpul,(2) berfoto,(3) gosip), (4) ribut dan (5) mencari Wifi gratis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...