JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia)
Vol 9, No 1 (2019)

Komunikasi Pemasaran Syariah Dalam Minat Beli Konsumen

Popon Srisusilawati (Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung)
M. Andri Ibrahim (fakultas Syariah Universitas Islam Bandung)
Randi Ganjar (UNiversitas islam Bandung)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menciptakan kesadaran atau pengetahuan mengenai produk dengan berbagai atributnya, menginformasikan kelebihan produk, menciptakan citra produk, atau menciptakan sikap positif, preferensi, dan minat membeli produk bersangkutan. Elzata salah satu produk fashion dikota Bandung mengalami pengunjung yang berfluktuasi cenderung menurun tingkat pembeliannya. Keputusan pembelian merupakan elemen penting bagi perusahaan agar tetap bisa mempertahankan produknya. Dalam hal ini diharapkan komunikasi pemasaran dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Minat beli konsumen yang tinggi akan mendorong konsumen membeli suatu produk. Rumusan masalah penelitian ini adalah  Bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli konsumen retail store elzatta kota bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli konsumen retail store elzatta kota bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis data kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer yaitu data yang di peroleh langsung dari karyawan Elzatta melalui quesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa komunikasi yang diterapkan Elzatta menggunakan media Tv, Brosur, Baligo, Kontes, Member card, potongan harga, acara amal, seminar, donasi, website, katalog, sosial media, wom, penjualan personal. Minat beli konsumen berminat terhadap produk Elzatta dengan skor akhir sebesar 1800 atau sebesar 72% yang berada dalam kategori setuju dan berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JESI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JESI: Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia adalah jurnal ekonomi yang memberikan kajian ekonomi syariah, lembaga keuangan syariah, dan bisnis syariah. Jurnal JESI berupaya untuk menyajikan hasil karya ilmiah, dalam bentuk tulisan yang mengulas pokok permasalahan perekonomian yang berlandaskan syariah ...