Jurnal TAMBORA
Vol 3 No 3 (2019): EDISI 8

RANCANG BANGUN APLIKASI ELECTRONIC COMMERCE “KRE ALANG” PADA UKM. KEMANG SATANGE SUMBAWA

Rodianto (Unknown)
Caputra Kandidat, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2019

Abstract

Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk pemasaran dan penjualan produk-produk melalui dunia maya yang sering disebut E-commerce. Penjualan dan pemasaran produk melalui dunia maya mempunyai banyak keuntungan, yaitu cakupan yang luas, tidak mengenal ruang dan waktu, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu E-commerce patut dicoba untuk membantu mengembangkan UKM yang ada di Indonesia. UKM. Kemang Satange adalah UKM yang bergerak dibidang kain tenun  khas sumbawa (Kre Alang) dalam penjualannya belum memanfaatkan website sebagai media promosi dan pemasaran secara online.Peluang dalam kegiatan bisnis penjualan Kre Alang yang meningkat beberapa waktu ini dilihat oleh banyak pihak sebagai prospek yang menjanjikan. Penjualan Kre Alang secara umum di beberapa wilayah di Indonesia masih dilakukan dengan cara yang sederhana dan klasik. Untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan serta memperluas area pemasaran sekaligus promosi Kre Alang, maka diperlukan media yang dapat menunjang kegiatan promosi, dan pengelolaan transaksi penjualan Kre Alang. Berdasarkan hasil analisis dan perancangan sistem yang telah dilakukan sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Aplikasi Electronic Commerce ?Kre Alang? Pada UKM. Kemang Satange berbasis webtelah selesai dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan databaseMySql dan Css Bootstrap sebagai prototype yang dapat digunakan sebagai masukan oleh UKM Kemang Satange Desa Poto dalam mempermudah promosi dan pemasaran kerajinan tangan penduduk yang berupa Kre Alang.  

Copyrights © 2019