Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 2, No 2 (2019): Desember

PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Fajar Dwi Mukti (Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui pendekatan kontekstual di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran dalam setiap siklus. Pada siklus I dengan persentase 66.5 % termasuk kriteria cukup. Pada siklus II diperoleh persentase 84.5 % dengan kriteria kreativitas baik. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 65.2 dan ketuntasan belajar 60%, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82 dan ketuntasan belajar 90%. kontekstual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui pendekatan kontekstual di kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...