Biolearning Journal
Vol 3 No 1 (2016): Biolearning Journal (Februari 2016)

PEMANFAATAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GERAK BENDA BAGI KELAS I DI SD INPRES 44 KABUPATEN SORONG TAHUN 2014

Sri Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Pemahaman Gerak Benda bagi siswaKelas I diSD Inpres 44 Kabupaten Sorong melalui pemanfaatan Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan Pemahaman Gerak Benda dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 93,33% pada siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 46,67% meningkat menjadi sebesar 86,67% pada siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 53,33% meningkat menjadi sebesar 93,33% pada siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 40% meningkat menjadi sebesar 80% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 26,67% meningkat menjadi sebesar 80% pada siklus II. Partisipasi dalammengeluarkan pendapat siklus I sebesar 26,67% meningkat menjadi sebesar 86,67% pada siklus II. Partisipasi dalam menghargai pendapat teman siklus I sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 100% pada siklus II. Partisipasi dalam menjelaskan kembali siklus I sebesar 26,67% meningkat menjadi sebesar 80% pada siklus II. (b) Pemanfaatan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,00 meningkat menjadi 80,67 pada siklus II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...