RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 2 (2018): JURNAL RISTEKDIK BIMBINGAN DAN KONSELING - JULI-DESEMBER 2018

KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

LINDA FITRIA (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
MENRISAL MENRISAL (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Padang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar TIK sebesar 3,61%. Sedangkan kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK sebesar 6,96%. Serta kontribusi kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK sebesar 8,2%. Dari uji analisis data didapatkan bahwa data normal dan linier. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai rx1ysebesar 0,190 dengan rtabel 0,184 karena rhitung > rtabel maka hipotesis pertama diterima.  Kemudian nilai rx2y sebesar 0,264 dengan rtabel 0,184, karena rhitung > rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 0,286 dengan rtabel 0,184, karena rhitung > rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung oleh nilai Fhitung = 5,125 dan Ftabel = 1,364 sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (5,125>1,364). Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat kontribusi yang yang positif dan signifikan kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Kata Kunci: kecerdasan emosional, disiplin belajar, hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...