IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018

ANALISIS PERAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP POTENSI WILAYAH UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN GERABAH (Studi Di Kerajinan Gerabah Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang)

Putra, Arta Rusidarma (Unknown)
Romli, Ombi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKDalam menghadapi tantangan era perdagangan bebas, Indonesia membutuhkan strategipembangunan regional yang ditujukan untuk pemerataan, dukungan untuk pertumbuhan (efisiensi)dan keberlanjutan (suistainabiliti). Di sinilah peran pemerintah daerah dalam menetapkan aturanaturanyang bertujuan untuk mengeksploitasi potensi daerah yang ada dan dapat memotivasipengembangan bisnis unggulan suatu daerah. Pemerintah daerah dan kelompok masyarakatdiharuskan untuk mengambil inisiatif dan bukan hanya peran pasif. Setiap kebijakan dan keputusansektor publik dan bisnis, serta keputusan dan tindakan masyarakat atau sinkron dan mendukungkebijakan pengembangan bisnis regional yang telah disepakati bersama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis peran pemerintahdaerah terhadap potensi daerah untuk pengembangan usaha gerabah di Desa Bumi Jaya, KecamatanCiruas, Kabupaten Serang. Penulis penelitian ini menggunakan metode evaluasi formatif.Pemilihan lokasi direncanakan dengan purposive sampling, yaitu pemilihan lokasi yangdisengaja. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.Lokasi-lokasi ini memberikan kemudahan akses kepada peneliti dalam memperoleh data lapanganyang akan berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerabah Bumi Desa Bumi Jaya adalah hasil kerajinantradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi dengan kelompok produksi gerabahtradisional didukung oleh peralatan yang sangat sederhana dan sistem pembentuk serta tungkupembakaran sederhana. Fungsi estetika muncul setelah kerajinan gerabah dapat digunakan sebagaialat oleh pengrajin untuk menuangkan ide dengan menggabungkan elemen bentuk, bidang, teksturdan warna alami dari pembakaran tanpa glasir.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...