Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019

KONTRIBUSI PENGUASAAN PENGETAHUAN PRODUKTIF DAN PENGALAMAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN SISWA BERWIRAUSAHA DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN

Yunizar, Yessi (Unknown)
., Sukardi (Unknown)
Effendi, Hansi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang siapnya siswa kelas XII untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: (1) kontribusi penguasaan pengetahuan produktif terhadap kesiapan siswa berwirausaha, (2) kontribusi pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan siswa berwirausaha, (3) Kontribusi penguasaan pengetahuan produktif dan pengalaman praktek kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan siswa berwirausaha.Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 6 Padang sebanyak 29 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan pengetahuan produktif berkontribusi terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 26,7%; (2) Pengalaman praktek kerja industri berkontribusi terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 29,2% dan (3) penguasaan pengetahuan produktif dan pengalaman praktek kerja industri berkontribusi secara bersama-sama terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 40,5%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada SMKN 6 Padang, agar meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar dengan cara memberikan pengayaan kepada siswa tentang pengetahuan produktif yang telah diberikan sehingga siswa dapat memahami kembali materi produktif dan melakukan pengawasan secara efektif terhadap pelaksanaan prakerin dengan baik. Kata kunci: penguasaan pengetahuan produktif, Pengalaman praktek kerja industri, kesiapan berwirausaha

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...