Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 4 No. 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP AL-ISMA'ILIYAH BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Wafa Maulidia (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Ana Setiani (Unknown)
Pujia Siti Balkist (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan level taksonomi SOLO pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok. Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Al-Isma’iliyah pada tahun ajar 2018/2019 sebanyak 28 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen tes dalam penelitian ini berbentuk soal uraian (essay) sebanyak 3 soal untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan level taksonomi SOLO. Adapun indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan level taksonomi SOLO diantaranya level unistruktural, level multistruktural, level relasional dan level extended abstrak. Berdasarkan hasil tes dan wawancara subjek dengan kemampuan tinggi berdasarkan taksonomi SOLO memiliki presentase 100% mencapai level extended abstrak. Subjek dengan kemampuan sedang berdasarkan taksonomi SOLO memiliki presentase 66.67% mencapai level relasional. Subjek kemampuan rendah berdasarkan taksonomi SOLO memiliki presentase 41.67% mencapai level multistruktural.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...