EDUPEDIA
Vol 3, No 2 (2019): Oktober

IMPLEMENTASI PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS KELOMPOK B BA ‘AISYIYAH MANGKUJAYAN PONOROGO

Diyah Septian Nur Anggraeni (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Bambang Harmanto (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Ida Yeni Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui cara mengimplementasikan kosa kata bahasa Inggris, (2) mengetahui hambatan yang dihadapi dalam mengenalkan kosa kata bahasa Inggris, (3) mengetahui solusi dalam mengenalkan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitain deskriptif kualitatif dengan mengambil data seluruh anak kelas B2 BA ‘Aisyiyah Mangkujayan Ponorogo. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa BA ‘Aisyiyah Mangkuajayan Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kosa kata bahasa Inggris dilakukan dengan metode tanya jawab dan menggunakan gambar. Kosa kata yang dikenalkan yaitu 6-7 kosa kata bahasa Inggris. Implementasi pengenalan kosa kata bahasa Inggris hanya dikenalkan pada kelompok B dan dilaksanakan pada semester dua diminggu pertama. Pengenalan kosa kata bahasa Inggris dilakukan satu minggu sekali sesuai dengan tema yang ditentukan. Penulis berharap pada pembelajaran selanjutnya guru pendamping akan memperhatikan pronansiasi dan intonasi saat mengenalkan kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini. Setelah penelitian ini selesai diharapkan media gambar digunakan secara maksimal dalam pengenalan kosa kata bahasa Inggris.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...