Jurnal Agrotek Indonesia
Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Agrotek Indonesia (Indonesian Journal of Agrotech)

Efektifitas Bakteri Entomopatogen Asal Tanah Sawah di Kecamatan Majalaya Terhadap Mortalitas Ulat Grayak Spodoptera Litura Pada Tanaman Caisim.

Miftakhul Bahrir rozaq khamid (Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang)
Siti Latifatus Siriyah (Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Spodoptera litura atau ulat grayak merupakan salah satu hama penting pada beberapa tanaman sayuran. Serangga ini merusak saat  stadium larva dengan memakan daun,sehingga daun menjadi berlubang-lubang dan serangannya secara serentak berkelompok, serangan berat dapat menyebabkan tanaman gundul . Serangan berat umumnya terjadi pada musim kemarau (Kalshoven, 1981).  Hama ulat grayak dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bagi petani, untuk  cara mengatasi hama tesebut masih dengan menggunakan bahan kimia dimana yang kita ketahui adanya pengaruh buruk bagi lingkungan dan fenomena resistensi pada serangga hama akibat penggunaan insektisida telah meningkatkan perhatian para ahli terhadap penelitian tentang pemanfaatan patogen-patogen untuk mengendalikan hama-hama tanaman. Patogen serangga relatif bersifat spesifik dan pengaruhnya jauh lebih kecil dari pada yang ditimbulkan oleh bahan kimia terhadap lingkungan atau organisme bukan sasaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

agrotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrotek Indonesia Adalah jurnal ilmiah Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang yang mennyampaikan hasil-hasil penelitian dan informasi ilmiah di bidang pertanian. ...