JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Lensa Mutiara Indonesia

KOMUNIKASI POLITIK CALON GUBERNUR (STUDI ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMUNIKASI POLITIK CALON GUBERNUR SUMATERA UTARA 2013 DI HARIAN ANALISA)

Saurma MGP Siahaan (Universitas Sari Mutiara Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana surat kabar Harian Analisa melakukan framing terhadap berita komunikasi politik calon gubernur Sumatera Utara 2013 pada rubrik "Pentas Pilkada Sumatera Utara 2013". Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan Framing Analisis Pan & Kosciki model dengan empat teks dimensi struktur sebagai perangkat framing, struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Peneliti juga melakukan wawancara mendalam dengan pemimpin redaksi surat kabar Analisa. Data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk kliping berita dan wawancara mendalam dan data sekunder dari dokumen koran dan jurnal komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan kepatuhan dengan paradigma konstruksionis di mana media mungkin tidak dalam posisi netral karena berita dibangun bukanlah refleksi dari realitas. Harian Analisa melakukan framing atas semua calon gubernur dengan berita komunikasi politik secara keseluruhan terlihat menguntungkan, dimana semua berita komunikasi politik dari lima calon gubernur Gus Irawan Pasaribu, Effendi Simbolon, Chairuman Harahap, Amri Tambunan dan Gatot Pujo Nugroho dibingkai dalam gambaran baik dan bermanfaat bagi setiap calon gubernur sesuai kebijakan editorial surat kabar Analisa yang mengutamakan berita bersifat positif dan menghindari berita kampanye hitam. Tetapi satu diantara berita cagubsu tersebut dikhususkan dengan penempatannya sebagai berita utama (headline).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JLMI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Komunikasi menghadapi dinamika ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 ...