Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika

Preparasi Alumina Dengan Metode Elektrokimia Sebagai Bahan Baku Pembuatan Zeolit Sintetik dan Karakterisasinya Dengan Transmission Electron Microscopy (TEM)

Putri Hanifah Liani (Unknown)
Simon Sembiring (Unknown)
Wasinton Simanjuntak (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2014

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan preparasi alumina menggunakan metode elektrokimia dengan bahan baku batang alumunium dan aquades yang diasamkan hingga pH = 5, dengan HNO3 10% sebagai elektrolit. Proses elektrokimia dilakukan pada potensial 22 Volt selama 24 jam untuk mendapatkan alumina dalam jumlah yang cukup. Alumina selanjutnya disaring lalu dikeringkan dalam oven pada suhu 100 oC selama 6 jam. Alumina kering digerus hingga menjadi bubuk dan dikarakterisasi menggunakan Transmission Electron Microscopy (TEM) untuk mengetahui ukuran partikelnya. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa partikel alumina memiliki ukuran yang berbeda, dengan rentang dari 59 hingga 230 nm, dan ukuran rata-rata partikel sebesar 137 nm.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jtaf

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian, artikel review dari peneliti-peneliti di bidang fisika teori dan aplikasinya. Jurnal ini terbit dua kali setahun (Januari dan ...