Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di Taman Kanak-kanan Marhamah Dan Taman Kanak-kanak Kartika I-63 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-kanak. Data didapatkan dari observasi dan pengamatan yang dilakukan dilapangan. Berdasarkan analisis data kualitatif terdapat perbedaan pengaruh siswa introvert yang belajar moral melalui model bermain peran dengan model konvensional. Rata-rata skor empati siswa introvert yang belajar moral melalui model bermain peran lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional.Rata-rata siswa ekstrovert yang belajar moral melalui bermain peran dengan konvensional terdapat perbedaan yang kondusif.Bagi siswa introvert, belajar moral dengan bermain peran memberikan hasil empati lebih tinggi dari belajar moral dengan metode konvensional. Bagi siswa ektrovert, belajar moral dengan dengan bermain peran juga memberikan skor empati yang lebih tinggi daripada metode konvensional. Kata Kunci: Eksperimen, bermain peran, introvert, ekstrovert.Â
Copyrights © 2016