JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

Upaya Guru PAK Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi

Rotua Samosir (Dosen IAKN Tarutung)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

Penerapan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa aktif dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi. Motivasi siswa dalam belajar melalui metode diskusi berangsung-angsur menunjukkan perubahan positif dimana pada siklus I nilai motivasi tertinggi adalah 85 dan nilai terendah 50 serta nilai pengetahuan dengan rata-rata 72. Dan pada siklus II nilai motivasi tertinggi adalah 95 dan terendah 75 serta nilai pengetahuan dengan rata-rata 80. Penerapan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar PAK Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Metode Diskusi, Motivasi Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...