Jurnal Riset Komunikasi
Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INFO COMMUTER LINE PT KAI DAN SIKAP PENUMPANG DI STASIUN BOJONG GEDE TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PERJALANAN KERETA COMMUTER LINE JABODETABEK

Siap Bangun Negara (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta)
Mulharnetti Syas (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Permasalahan kemacetan lalu lintas merupakan masalah besar yang dihadapi oleh sebagian penduduk Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di Ibu kota Jakarta dan kota-kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta seperti: Tangerang, Bogor, Depok, dan Bekasi. Kereta api terutama PT KCJ merupakan alternatif untuk masalah angkutan jalan raya bagi Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial Twitter Info Commuter line PT KAI Indonesia dan sikap penumpang di Stasiun Bojong Gede terhadap kepuasan pelayanan perjalanan kereta commuter line Jabodetabek. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, yaitu hanya penumpang kereta commuter line yang memperoleh informasi jadwal dan pelayanan kereta commuter line dari media sosial Twitter Info Commuter Line. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan, dan sikap penumpang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrk

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, ...